Greetings

Universitas Telkom adalah salah satu universitas swasta terbesar dan paling modern di Indonesia. Pertumbuhan pesat ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dikombinasikan dengan keragaman budaya Indonesia mengarahkan Universitas Telkom untuk fokus pada pendidikan dan penelitian berbasis ICT di bidang teknik, bisnis, dan industri kreatif. Universitas Telkom diluncurkan pada 14 Agustus 2013, penggabungan empat institusi pendidikan tinggi milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Grand launching diadakan pada 31 Agustus 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Profesor Mohammad Nuh, CEO Telkom Group – Dr. Arief Yahya, dan Ketua Yayasan Telkom – Johni Girsang, M.Sc.

Dengan semangat “Creating the Future”, dalam 4 tahun setelah berdirinya, Telkom University telah berubah menjadi universitas kelas dunia yang terdiri dari 7 fakultas (sekolah) dan 31 program (departemen) untuk studi sarjana dan pascasarjana sebagai berikut:
1. Fakultas Teknik Elektro
2. Fakultas Teknik Industri
3. Fakultas Komputasi
4. Fakultas Bisnis Ekonomi
5. Fakultas Komunikasi dan Bisnis
6. Fakultas Industri Kreatif
7. Fakultas Ilmu Terapan

Penerimaan mahasiswa tumbuh sangat pesat dari 17.000 hingga 30.000 termasuk mahasiswa internasional dari 28 negara seperti Timor Leste, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Kamboja, Vietnam, Belanda, Jerman, Kroasia, Jordania, Sudan, dll. Jadi, kelas internasional juga ditawarkan untuk siswa, di mana konten disampaikan dalam bahasa Inggris. Program ini memberikan kunjungan jangka pendek internasional, pertukaran, atau gelar ganda dengan universitas mitra termasuk Universitas Wosoong (Korea), Kumoh Institute of Technology (Korea), Kumamoto University (Jepang), Saxion University (Belanda), UUM Malaysia, UTHM Malaysia, dll. .
Area penelitian yang luas ditutupi oleh 32 kelompok penelitian, dan 120 laboratorium. Pusat Penelitian yang tersedia di Universitas Telkom meliputi
• Bisnis ICT dan Kebijakan Publik
• Ekosistem Bisnis Digital
• Teknologi Nirkabel Tingkat Lanjut
• Pusat untuk Internet of Things

Pusat Inovasi, yaitu Bandung Techno Park (BTP) secara aktif melibatkan pengembangan dan pendampingan perusahaan baru, inkubasi bisnis, dan penyediaan solusi teknologi di bidang TIK.
Sejak Desember 2016, Universitas Telkom telah terakreditasi “A”, yang berarti lembaga luar biasa, dinilai oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia). Akreditasi luar biasa ini hanya diberikan kepada 48 universitas, di antara 4500 institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Selain diakui sebagai lembaga terbaik, baru-baru ini, baru-baru ini, hampir 70% dari semua program yang ditawarkan oleh universitas telah mencapai tingkat akreditasi tertinggi oleh BAN PT.
Selain itu, Telkom University menerima 5 bintang dari QS Star pada tahun 2017, dalam kategori pengajaran, kelayakan kerja, inovasi, dan inklusivitas. Dewan akreditasi internasional lainnya seperti IABEE dan ABEST 21 (Jepang) juga mengakui beberapa departemen, sementara ASIC (Layanan Akreditasi Kolese Internasional – Inggris) sedang menilai 6 program di tiga fakultas.

Sejarah
1990 – pendirian STT Telkom Bandung, kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Telkom, pada tahun 2010
1990 – pendirian MBA Bandung, kemudian berubah menjadi Institute of Management Telkom, pada tahun 2010
2007 – pendirian Politeknik Telkom Bandung
2010 – mengelola STISI Telkom
2013 – menggabungkan empat institusi untuk membentuk UNIVERSITAS TELKOM